All pictures are the property and copyright of their respective owner(s).

Sunday, June 30, 2013

Apa itu Psikologi

Apa itu psikologi?
Psikologi merupakan ilmu tentang mind and behaviour. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang studi ilmiah mengenai perilaku dan proses mental.
Dari pernyataan ini, terdapat tiga komponen dari psikologi, yaitu :
  • Studi ilmiah,
  • Perilaku, dan,
  • Proses mental.
Mengapa psikologi ilmiah?
Psikologi ilmiah karena informasi atau data dikumpulkan dengan cara yang sistematis, kemudian disusun dalam metode ilmiah. (scientific method).

Perilaku / behavior.
Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari behavior. Perilaku / behavior adalah aktifitas yang dapat diamati, dilihat, diukur, dan direkam. Misalnya -> apa yang dikatakan, ditulis, dilakukan, dilakukan, termasuk perubahan tubuh (body language, denyut nadi, tekanan darah, atau gelombang otak).

Proses mental.
Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari proses mental. Proses mental adalah suatu aktifitas mental yang dapat berupa pikiran, perasaan / emosi, ingatan / memori, motivasi, persepsi, atau keyakinan. Kesemua hal tersebut bukanlah aktivitas yang mudah diamati atau dilihat. Namun mengamati proses mental dapat dibantu dengan alat modern (merekam) atau dengan mengamati perilaku / behavior sebagai representasi dari proses mental tersebut.

Sumber : materi kuliah

Also read :

No comments:

Post a Comment

Silahkan komentar apapun asal tidak menyinggung SARA

Post a Comment