All pictures are the property and copyright of their respective owner(s).

Friday, September 27, 2013

Organizational Citizenship Behavior Adalah

Pernahkah mengetahui atau mendengar tentang orang-orang yang bersedia untuk "melakukan tugas diluar kewajibannya", atau "bekerja ekstra" di pekerjaannya ? Hal ini merupakan sebuah sikap atau perilaku yang menggambarkan apa yang di maksud dengan Organizational Citizenship. Dan organizational citinzenship ini berkaitan dengan kepuasan kerja.

Jadi kesimpulannya adalah,
Organizational Citizenship adalah kemauan untuk "bekerja melebihi panggilan tugas / kewajiban" atau "bekerja ekstra" dalam suatu pekerjaan. Organizational citizenship merupakan perilaku extra role, atau perilaku melebihi tugas atau tanggung jawab pekerjaannya.

Orang yang adalah seorang Organization citizen yang baik, akan melakukan hal-hal, walaupun tidak dibutuhkan atau diwajibkan, akan berusaha membantu untuk meningkatkan performa dari organisasi. Misalnya, perkerja servis yang mau memberikan ektra waktu untuk melayani kostumer, anggota team yang mau untuk melakukan tugas ekstra atau pekerja yang selalu mau menjadi volunters tau sukarela untuk lembur tanpa adanya bayaran lebih, hanya untuk memastikan pekerjaannya telah dilakukan dengan baik.

Sumber : Buku "Introduction to Management" by John R. Schermerhorn, Jr.


Also Read :