All pictures are the property and copyright of their respective owner(s).

Tuesday, May 28, 2013

Pemecahan Masalah / Problem Solving

Saat menemui masalah apa yang akan seseorang lakukan? bagaimana seseorang memecahkan masalahnya? apa itu pemecahan masalah?
All pictures are the property&copyright of their respective owner(s)
(okezone.com)

Menurut Santrock (2003), problem solving merupakan suatu cara untuk menemukan jalan yang sesuai dalam rangka pencapaian tujuan ketika tujuan tersebut belum dapat tercapai. Dalam hal ini, kemampuan berpikir memiliki relasi yang kuat. Berpikir diartikan sebagai kegiatan mental yang bervariasi seperti penalaran, pemecahan masalah dan pembentukan konsep-konsep. Ketika seseorang berhadapan dengan suatu masalah, ia biasanya mempunyai meta-kognisi tentang masalahan yang dihadapinya, yaitu seberapa mudah atau sulit dan bagaimana masalah tersebut akan terselesaikan olehnya (Davidoff, 1998).

Hergenhahn dan Olson (2005) mengemukakan 4 (empat) bentuk proses yang dapat dilakukan dalam memecahkan masalah, yaitu:
Trial and Error
Seseorang mencoba dari satu cara ke cara lain tanpa ada yang mengarahkan. Seseorang sekedar mencoba-coba saja sampai ia menemukan cara yang baginya tepat.
Mechanical
Cara memecahkan suatu masalah dengan mengikuti aturan-aturan yang telah berlaku, misalnya menyelesaikan soal-soal fisika dengan rumus-rumus tertentu.
Reasoning
Cara penalaran dengan menghubungkan satu hal dengan hal lain.
Insight
Pemecahan masalah dilakukan secara tiba-tiba. Tetapi, solusi yang dicapai tidak sekonyong-konyong datang. Menurut teori Gestalt, insight juga melalui proses trial and error. Seseorang melakukan trial and error tidak dengan asal mencoba, tetapi dengan memikirkan terlebih dahulu kemungkinan-kemungkinan yang ada.

Pemecahan masalah dianggap menjadi hal yang pokok dalam perkembangan kognitif seseorang. Semakin bertambahnya usia, semakin kompleks pula permasalahan yang dihadapi sehingga tahap-tahap untuk menuntaskannya juga memiliki dinamika yang berbeda. Menurut Santrock (2003) ada 4 (empat) tahap dalam melakukan pemecahan masalah, yaitu:
1. Menemukan dan menggambarkan masalah yang sedang dihadapi.
2. Membangun strategi pemecahan masalah yang baik.
3. Mengevaluasi solusi yang sudah diperoleh.
4. Memikirkan dan mendefinisikan kembali masalah dan solusi dalam jangka waktu yang lebih lama.