All pictures are the property and copyright of their respective owner(s).

Tuesday, May 28, 2013

Pembentukan Kelompok: Mengapa Orang Bergabung dengan Kelompok ?


Pembentukan Kelompok: Mengapa Orang Bergabung dengan Kelompok?

 
Para ahli psikologi sosial yang telah mengkaji isu ini sampai pada kesimpulan bahwa orang-orang bergabung dengan berbagai kelompok sosial karena beberapa alasan yang berbeda (Paulus, 198). Pertama, kelompok membantu kita dalam memuaskan beberapa kebutuhan psikologik maupun kebutuhan sosial penting kita, seperti kebutuhan untuk memberi dan menerima perhatian, kebutuhan untuk memberi dan menerima afeksi, atau kebutuhan untuk mendapatkan rasa memiliki. Kebutuhan-kebutuhan ini memang subtil, tetapi sangat riil.

Kedua, kelompok membantu kita mencapai tujuan-tujuan yang tidak dapat kita capai secara individual. Dengan bekerja bersama orang lain, kita seringkali dapat menyelesaikan pekerjaan yang tidak dapat kita lakukan sendirian. Ketiga, keanggotaan di kelompok seringkali memberikan pengetahuan dan informasi yang tidak akan kita dapat jika kita tidak menjadi anggotanya. Keempat, kelompok membantu memenuhi kebutuhan kita akan rasa aman. Di banyak kasus, keamanan terletak di dalam jumlah. Dengan menjadi bagian berbagai kelompok, kita memperoleh perlindungan dari musuh-musuh yang sama.

Terakhir, keanggotaan kelompok juga membantu pembentukan identitas sosial yang positif – yang menjadi bagian konsep-diri kita (lihat Bab 5). Semakin banyak jumlah kelompok restriktif dan prestisius yang mengakui keberadaan seseorang, semakin terangkat pula konsep-dirinya.

Baca artikel lain seputar materi kuliah Psikologi di halaman Materi Kuliah Psikologi