All pictures are the property and copyright of their respective owner(s).

Tuesday, May 28, 2013

Optimalisasi Otak

Otak Optimal Bekerja Maksimal





All pictures are the property&copyright of their respective owner(s)
Otak itu seperti sebuah komputer super. Otak memiliki seratus milyar cell neuron, dan setiap sel memiliki banyak koneksi dengan sel yang lain. Otak manusia memiliki koneksi yang sangat banyak, bahkan lebih banyak dari pada jumlah bintang.

Mengoptimalkan fungsi otak dapat meningkatkan kualitas hidup kita, dalam karir, sekolah ataupun dalam hubungan dengan orang lain.

Pertama, Jaga otak kita.
Jangan sampai otak kita terluka karena benturan. Benturan pada otak dapat menyebabkan rusaknya sel-sel neuron, bahkan apabila parah dan menyebabkan otak membentur tempurung, dapat terjadi gangguan dalam tubuh kita, misal gangguan penglihatan.

Kedua, Jangan lupa istirahat.
Otak juga bisa lelah seperti badan, oleh karena itu kita harus mengistirahatkannya dengan tidur yang cukup lebih dari 7 jam. Dengan tidur, beban kinerja pada otak kita berkurang, dan dapat menjadi rileks.

Ketiga, Gunakan otakmu!
All pictures are the property&copyright of their respective owner(s)
Jangan berharap menjadi orang yang pintar apabila tidak pernah menggunakan otak. Dengan beraktifitas atau belajar sesuatu yang baru, otak kita akan membentuk koneksi baru pada sel neuron, dapat juga meningkatkan aktifitas otak sehingga peredaran darah pada otak lancar.
Semakin banyak menggunakan otak, semakin otak bisa digunakan untuk banyak hal.

Keempat, Beri makan otakmu.
Seperti tubuh, otak juga butuh nutrisi. Jangan lupa sarapan yang sehat untuk memberikan nutrisi pada otak.

Kelima, Lawan pikiran negatif yang mengganggu otakmu!
Pemikiran-pemikiran yang melintas di pikiran seseorang, waktu ke waktu, dapat mempengaruhi kinerja otak.  Berpikirlah dengan penuh harapan dan bahagia, karena dapat memberikan efek yang menenangkan pada otak. Sementara pikiran yang buruk dapat mengganggu otak dan menimbulkan depresi atau kecemasan.
Pikiran-pikiran negatif sangatlah reaktif dan mudah sekali muncul. Pikiran negatif yang kita turuti, dapat merusak hari kita yang seharusnya menyenangkan.

Apabila secara fisiologis otak dapat berfungsi dengan baik, maka otak akan lebih mudah menjalankan fungsi kognitifnya.

Baca artikel lain seputar materi kuliah Psikologi di halaman Materi Kuliah Psikologi