All pictures are the property and copyright of their respective owner(s).

Tuesday, May 28, 2013

Organisasi dan Karyawan (Pentingnya Karyawan)

 
Apabila saya mengajukan pertanyaan, apakah organisasi/perusahaan bisa dijalankan oleh satu orang? saya akan menjawabnya sendiri , dan jawabannya adalah tidak!
All pictures are the property&copyright of their respective owner(s)
from http://www.balticbig.com/

Sebuah organisasi/perusahaan dijalankan oleh orang-orang dengan tugasnya yang spesifik. Dari kepala organisasi hingga pekerja yang paling bawah. Orang-orang yang ada didalam organisasi bagaikan sebuah ASET bagi perusahaan. Tinggal bagaimana perusahaan mengelola aset tersebut. Apakah perusahaan ingin menjadikan aset tersebut sebagai pembangun organisasi yang dapat memberikan efek positif bagi organisasi dan keuntungan, atau justru penghancur organisasi.

Bisa dilihat bahwa orang dalam sebuah organisasi merupakan bagian yang penting, karena merekalah penggerak organisasi. Mari bayangkan betapa pentingnya orang dalam sebuah organisasi.

Orang merupakan bagian yang lebih penting dari pada mesin-mesin yang paling canggih sekalipun. Mesin yang sangat canggih tersebut tetap membutuhkan orang untuk mengoperasikannya, bukan? Apabila tidak ada orang yang menggerakkannya, tentu mesin tersebut hanya akan menjadi barang mati, tidak lebih dari bongkahan besi yang besar dengan berbagai tombol canggih yang tidak berguna.

Tanpa orang-orang yang menggerakkan organisasi, organisasi dan segala sumber dayanya yang ada, tidak akan menjadi apa-apa.

Tentu, hanya orang yang berkompetensilah yang dapat menggerakkannya, dengan baik. Tetapi apakah hanya kompetensi saja yang penting? Apakah orang yang berkompetensi dapat bekerja dengan baik apabila orang tersebut tidak 'sreg' dengan keadaan perusahaan?  Bagaimana jika orang yang berkompetensi tersebut melakukan pekerjaan yang tidak sesuai kompetensinya?
Oleh karena itu prinsip managing people menjadi sangat penting bagi organisasi. 


Baca artikel lain seputar materi kuliah Psikologi di halaman Materi Kuliah Psikologi