All pictures are the property and copyright of their respective owner(s).

Tuesday, May 28, 2013

Mengapa Organisasi Berubah

All pictures are the property&copyright of their respective owner(s)
Mengapa organisai berubah / Why organization change?


Selama masyarakat terus berkembang dan permintaannya berubah, maka kebutuhan akan produk dan jasa yang baru tercipta. Kebutuhan baru tersebut menyebabkan organisasi atau perusahaan harus melakukan perubahan agar tetap kompetitif. Perusahaan atau organisasi yang dapat terus survive dan jaya, adalah yang selau siap dan melakukan perubahan. Ada berbagai faktor yang menyebabkan perusahaan atau organisasi harus berubah.


Kompetisi

Masuknya kompetitor baru kedalam pasar dapat menyebabkan perusahaan melakukan perubahan, terutama dalam marketing strategy. Misalnya, saat sebuah toko elektronik lokal yang merupakan satu-satunya toko elektronik disebuah kota kecil, mendapat kompetitor toko elektronik yang lebih besar, dan buka tepat disebelahnya. Mungkin toko elektronik kecil tersebut tidak dapat bersaing dalam hal harga, karena dia hanya pemodal yang kecil, tetapi dia dapat melakukan iklan yang memposisikan toko tersebut sebagai toko yang friendly, yang memberikan jasa dan berorientasi pada pasar lokal.

Teknologi

Inovasi dalam teknologi dapat memaksa perusahaan atau organisai untuk terus berubah dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Sebuah perusahaan dapat mendapatkan keuntungan dengan mengimplementasikan perubahan teknologi yang ada. Misalnya, saat ini peruashaan penerbangan atau perhotelan dapat melakukan penjualan tiket atau reservasi kamar secara online. Yang dapat memberikan hasil dalam peningkatan efisiensi, kemudahan, menjangkau kostumer lebih luas dan memberikan servis kepada kostumer yang lebih baik.

Kebutuhan untuk Berubah

Perusahaan atau organisasi yang ingin terus berkembang, mungkin membutuhkan perubahan dalam metode operasinya. Misal sebuah warung makan yang menggunakan nama tertentu dan mengalami masa yang sulit selama bertahun-tahun. Setelah melakukan perubahan nama termasuk imagenya, warung makan tersebut mulai berkembang.

Kebutuhan untuk Meningkatkan Proses

Sebuah perusahaan mungkin butuh untuk mengimplementasikan proses produksi yang baru agar menjadi lebih efisien dan mengurangi hal yang merugikan.

Kebijakan Pemerintah

Perubahan dalam kebijakan pemerintah dapat memberikan dampak kepada bagaimana sebuah perusahaan menjalankan bisinis. Misal, ada sebuah kebijakan baru dalam hal keamanan kerja, maka sebuah perusahaan harus melakukan perubahan dalam proses produksi untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi pekerja dan memenuhi standar keamanan yang harus dipenuhi.

Baca artikel lain seputar materi kuliah Psikologi di halaman Materi Kuliah Psikologi